Makna Jarak Dalam Konsep Ekonomi Makna Jarak Dalam Konsep Ekonomi | EUREKA
<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://www.rsspump.com/?web_widget/rss_ticker/news_widget' title='News Widget'>News Widget</a></div>

Makna Jarak Dalam Konsep Ekonomi

Jarak mengacu pada mudah atau sulitnya barang, jasa, tenaga kerja, modal, informasi, dan ide-ide untuk melintasi ruang. Hal itu akan mengukur seberapa mudah arus modal, mobilitas tenaga kerja, distribusi barang, dan layanan yang disampaikan antara dua lokasi. Jarak, dalam pengertian ini, merupakan konsep ekonomi, bukan hanya sebuah konsep fisik. Meskipun jarak ekonomi umumnya terkait dengan jarak Euclidean (garis lurus) antara dua lokasi serta ciri-ciri fisik geografi yang memisahkan mereka, hubungan tersebut bukanlah hal yang mudah untuk dipahami. Salah satu alasannya adalah bahwa jarak untuk pertukaran barang berbeda untuk migrasi orang.

Untuk perdagangan barang dan jasa, jarak menangkap waktu dan biaya moneter. Penempatan dan kualitas infrastruktur transportasi dan ketersediaan transportasi secara dramatis dapat mempengaruhi jarak ekonomi antara dua daerah, meskipun jarak Euclidean antara kedua wilayah tersebut bisa menjadi identik. Dua desa mungkin memiliki jarak Euclidean (secara garis lurus) yang sama ke kota, tapi bisa terjadi bahwa desa yang satu berada di dekat jalan raya nasional, yang lain pada jalan pedesaan tak beraspal. Satu contoh fenomena terjadi di India, berdasarkan jarak garis lurus, sebagian besar wilayah di India terhubung dengan baik ke pasar di pemukiman padat. Tetapi orang-orang di banyak bagian India mengalami kesulitan mendapatkan ke pasar karena waktu perjalanan ditentukan oleh jenis dan kualitas jalan dan infrastruktur transportasi lainnya (lihat Gambar 2.1).

Gambar 2.1.
Waktu Perjalanan Antar Wilayah Pemukiman Dilihat dari Wilayah Administrasi Subnasional


Untuk mobilitas tenaga kerja, jarak juga menangkap "biaya psikis" pemisahan antar wilayah yang berdekatan. Antara 1985 dan 1995, distribusi migran di provinsi China yang berasal dari provinsi lain terhenti karena jarak antar propinsi meningkat. Disamping itu, terdapat pula biaya tambahan untuk migrasi antara provinsi non-tetangga. Jadi, seperti perdagangan, jarak secara ekonomis untuk migrasi berkaitan dengan jarak fisik, akan tetapi tidak identik dengan jarak fisik. Dalam paparan ini, tujuan yang menarik adalah lokasi dengan kepadatan ekonomi terbesar atau potensi pasar tertinggi. Jarak, dengan demikian merupakan sebuah metafora untuk akses ke pasar.

Hambatan produk manusia (termasuk kebijakan) juga dapat meningkatkan jarak. Roadblock dan Hambatan lokal biasa digunakan untuk perjalanan melalui jalan darat di banyak negara Sub-Sahara. Ketika otonomi politik lokal tinggi, mungkin akan berdampak pada adanya fragmentasi teritorial sebagai kebijakan perlindungan yang dilakukan pada tingkat lokal. Gambar 2.1 menunjukkan waktu antara pemukiman manusia, dengan asumsi hambatan buatan manusia sedikit atau tidak ada. Jarak bisa panjang, bahkan di negara berpenghasilan tinggi.


Lokasi yang Dekat Dengan Pasar Memiliki Keunggulan Dasar
Pemerintah provinsi di Negara China pada tahun 1980 meningkatkan kekuasaan administratif mereka di bawah reformasi desentralisasi. Mereka menggunakan kekuatan tersebut untuk melindungi perusahaan lokal - menaikkan tarif dan memaksakan larangan pengiriman dari provinsi lain. Impor antar propinsi turun dari 50 persen menjadi 38 persen (dari GDP) antara tahun 1992 dan 1997, sementara penyerapan lokal barang dalam provinsi tersebut naik dari 68 persen menjadi 72 persen. Besarannya adalah sama dengan barang yang melintasi perbatasan AS-Kanada dan perbatasan internasional di Uni Eropa (UE). Sistem pendaftaran rumah tangga permanen hukou China - menghubungkan tempat tinggal dengan akses ke barang-barang konsumen, kesempatan kerja, dan perlindungan sosial – berkurang mirip dengan migrasi internal. Jarak dan kepadatan mempengaruhi gerakan spasial barang, jasa, informasi, pengetahuan, dan orang-orang. Arus pulang pergi, migrasi, telekomunikasi, arus informasi, dan pengiriman barang menghubungkan daerah asal dan daerah penerima. Kebanyakan interaksi spasial akan mempunyai bermanfaat, namun terdapat juga sisi negatifnya, yaitu penyebaran penyakit. Faktor penentu utama kekuatan interaksi ini adalah jarak. Hukum “Waldo Tobler” tentang Geografi menyatakan bahwa “everything is related to everything else, but near things are more related than distant things”. Area yang lebih dekat dengan kepadatan ekonomi memiliki akses yang lebih mudah untuk interaksi dan pertukaran yang menguntungkan.

Di Indonesia koneksi jalan yang lebih baik mempersingkat waktu perjalanan dan jarak ke pusat-pusat ekonomi, menciptakan daerah aglomerasi yang lebih besar. Karena jalan yang baik dan akses yang lebih mudah ke pasar. Desa dengan jarak 60 kilometer dari pusat kabupaten menghasilkan aktivitas manufaktur sebanyak pusat kabupaten itu sendiri, dan daerah pinggiran yang terhubung dengan baik menjadi bagian dari wilayah aglomerasi. Namun di daerah pinggiran kota yang kurang terhubung, kepadatan kegiatan ekonomi jatuh dengan cepat melampaui desa dengan jarak 25 kilometer dari pusat kabupaten (gambar 2.2).
Gambar 2.2.
Manufacturing Activity In Indonesia Flourishes In Areas With Shorter Economic Distance To Density


Spillovers dari kedekatan dengan kepadatan muncul di kedua negara maju dan berkembang. Pada perusahaan manufaktur di Eropa, total faktor produktivitas suatu daerah meningkat secara positif dan secara signifikan terkait dengan kepadatan produksi manufaktur di daerah tetangga. Kecepatan pertumbuhan permintaan di wilayah daerah tetangga akan merangsang peningkatan total faktor produktivitas lebih cepat.

Fenomena ini terjadi juga di negara berkembang. Jaringan jalan raya yang mengelilingi Jakarta yang dibangun pada 1980-an, menyebabkan banyak perusahaan pindah dari pusat Jakarta untuk menghemat biaya tanah dan kemacetan. Akan tetapi mereka tetap menentukan tempat yang dekat dengan wilayah metropolitan dalam rangka untuk memiliki akses ke pasar yang besar. Hal serupa tapi kurang menonjol adalah pola dalam aglomerasi Indonesia lainnya, dimana pertumbuhan telah terkuat di daerah pinggiran kota-kota besar sekitarnya. Di Brasil terjadi perpindahan lokasi industri yang lebih besar dari São Paulo ke daerah pinggiran dengan upah penduduknya yang rendah. Setelah koridor transportasi, industri ini bergerak melalui negara São Paulo ke negara bagian tetangga Minas Gerais.




Klik tombol like di atas... Jika anda menyukai artikel ini.
Terima Kasih telah mengunjungi Tautan ini,
Jangan lupa untuk memberikan komentar pada form di bawah post ini.
Maturnuwun...

Subscribe in a reader

Comments :

0 comments to “Makna Jarak Dalam Konsep Ekonomi”
Views All / Send Comment!

Post a Comment